maap ini blog gagal

Tugas 1 Teori Organisasi Umum 1

Nama saya Faizal Ardiyadi dari kelas 2KA17. Saya akan menjelaskan tentang organisasi yang pernah saya ikuti saat saya berada  di bangku Sekolah Menengah Atas, pada saat itu saya mengikuti Rohani Islam atau yang lebih sering dikenal sebagai ROHIS.

Di ROHIS memiliki struktur organisasi seperti ekskul atau organisasi lainnya, disitu ada ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, RTM atau rumah tangga masjid, tim marawis, seksi publikasi, dan seksi-seksi lainnya yang setiap badan tidak bisa berdiri sendiri, oleh karena itu setiap badan harus saling membantu sesuai dengan kewajibannya masing untuk tetap memajukan ROHIS.

 Pada waktu itu saya mendapat jabatan sebagai anggota RTM atau Rumah Tangga Masjid, disana kami bertugas untuk mengurus segala keperluan masjid seperti membersihkan masjid, membersihkan karpet, merapikan rak buku dan Al-quran, dan lain-lainnya. Biasanya setiap hari jum'at saya dan teman saya bertugas mengurus karpet untuk para siswa lain, guru, dan bahkan warga sekitar untuk melaksanakan sholat jum'at.

Selain RTM saya juga akan mencoba menjelaskan tugas dan kegiatan badan-badan lainnya yang ada di ROHIS. Saya akan mulai dengan ketua, sesuai namanya jabatan ini  pasti memiliki sebuah bahkan lebih tanggung jawab yang sangat besar pada organisasi tersebut. sebagai ketua, orang yang memiliki jabatan ini haruslah orang yang mempunyai jiwa pemimpin yang tegas, seorang ketua harus berhati-hati dalam mengambil keputusan dan memberi perintah pada bawahannya. Seorang ketua pasti tidak bisa melakukan sesuatu sendirian pasti dia membutuhkan seseorang atau beberapa orang untuk membantunya. Biasanya tugas seorang ketua memperingati dan memberi perintah pada bawahannya yang memiliki kewajiban itu dan jarang untuk turun tangan langsung.

 Selanjutnya ada wakil ketua, orang yang memiliki jabatan ini wajib membantu ketuanya kapanpun dia membutuhkan. biasanya wakil ketua akan sangat diperlukan pada saat sang ketua sedang berhalangan atau sakit. tanggung jawab yang dimilikinya sama dengan tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang ketua. 

 Selanjutnya ada sekretaris, tugas seorang sekretaris adalah mengatur segala urusan yang berhubungan dengan tulis menulis dan surat menyurat. sebagai contoh jika ROHIS akan mengadakan acara Maulid Nabi, maka tugas seorang sekretaris adalah menulis atau membuat surat permohonan acara pada sekolah. contoh lain jika ROHIS kekurangan dana untuk melakukan sebuah acara maka ia akan membuat proposal permohonan danauntuk para sponsor dan donatur. Tidak hanya itu seorang sekretais juga harus mengumpulkan semua laporan kegiatan  dari masing-masing badan setelah selesai melaksanakan sebuah acara dan merangkumnya.

 Selanjutnya ada bendahara umum, seorang bendahara biasanya mengatur semua hal yang berhubungan dengan keuangan organisasi, pengeluaran dan pemasukan ia yang mengurusnya. Tanggung jawab yang dimilikinya cukup besar, karena dia harus menjaga uang yang dimiliki oraganisasi tersebut. bendahara umum biasanya meminta laporan kepada bendahara acara setiap setelah sebua acara ROHIS selesai dilakasanakan, lalu dia membuat rincian pengeluaran dan pemasukan dengan detail karena jika hasil laporannya beda sepeserpun dia akan mendapat maslah yang cukup besar.

Di ROHIS ada sebuah tim marawis, biasanya tim marawis ini beranggotakan siswa kelas 1 dan kelas 2 untuk siswa kelas 3 hanya membimbing dan mengajarkan kepada juniornya karena siswa kelas 3 sudah tidak wajib mengikuti sebuah ekskul yang pernah dia ikuti lagi dan harus berfokus pada ujian negara, tetapi jika sangat dibutuhkan maka siswa kelas 3 juga akan ikut berpartisipasi dalam sebuah acara. Tim marawis ini berkewajiban untuk menampilkan sebuah hiburan pada saat ROHIS mengadakan sebua acara, mereka akan menghibur para siswa lain guru, bahkan warga sekitar yang ingin melihat pertunjukan marawis. selain itu tim marawis jua berkewajiban untuk menjaga dan merawat alat-alat marawis yang dimilki sekolah.

Selanjutnya ada anggota, tugas seorang anggota hanyalah membantu jika saat diperlukan. biasanya para anggota ini akan diberikan jabatan sementara jika ada sebuah acara. dan dia berkewajiban menerima jabatan itu.

Ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara, Rumah Tangga Masjid, tim marawis, dan anggota adalah badan-badan umum organisasi ROHIS yang ada di sekolah. Di ROHIS biasanya kami akan mengadakan sebuah acara-acara islami pada hari-hari tertentu, seperti Maulid Nabi, pemotongan hewan kurban, pesantren kilat, sholat Iul Fitri dan Idul Adha, tahun baru Islam, dan lain-lain. Untuk memperingati hari-hari tersebut ROHIS pasti akan mengadakan sebuah acara, jika akan membuat sebuah acara maka ROHIS akan membentuk tim acara yang terdiri dari ketua acara, wakil ketua acara, sekretaris acara, bendahara acara, dan seksi-seksi acara. mereka hanya bertanggung jawab dan berfokus pada acara tersebut. Tanggung jawab mereka akan selesai jika acara tersebut selesai diselenggarakan. biasanya tim ini akan dipilih dari anggota ROHIS bukan dari para bada umum, karena para badan umum sudah memilki tanggung jawab. Pada tim acara para ketua dari setiap badan acara dipilih dari siwa kelas 2 dan siswa kelas 1 akan menjadi anggota dari setiap badan acara tersebut, karena pengalaman siswa kelas 1dan 2 sangat berbeda maka dari itu tidak mungkin siswa kelas 1 dipilih menjadi ketua banda acara.

Saya akan menjelaskan tentang badan-badan yang ada di tim acara. saya akan mulai dengan ketua, berbeda dengan ketua umum tugas seorang ketua acara hanya mengatur dan mengurus acara yang dia pimpin tersebut. Dia bertanggung jawab pada acara yang ia pegang, maka dari itu dia harus sukses dalam menjalankan acara tersebut. ketua acara biasanya sering turun kelapangan untuk mengecek kegiatan yang dilakukan oleh bawahannya. 

Selanjutanya wakil ketua acara. sama seperti ketua acara, wakil ketua acara berbeda dengan wakil ketua umum. dia hanya berfokus pada acara yang ia pegang, dan tanggung jawab yang ia punya sama seperti tanggung jawab yang dimiliki ketua acara.

Pada bagian sekretaris acara, biasanya ia membuat laporan-laporan acara yang ia kumpulkan dari badan-badan lain lalu ia bukukan untuk dilaporkan kepada sekretais umum yang selanjutnya diserahkan kepada ketua untuk disimpan sebagai berkas atau arsip ROHIS sekolah tersebut. Selain itu ia juga wajib membuat proposal dan surat permohonan acara dan dana untuk keprluan acara yang ia pegang lalu menyerahkannya pada seksi publikasi.

Selanjutnya bendahara, bendahara acara hanya bertanggung jawab pada keuangan acara seperti pemasukan yang didapatkan dari sposor dan pengeluaran yang dibutuhkan untuk kegiatan acara tersebut.

Selanjutnya seksi acara, tugas seorang seksi acara adalah membuat jadwal kegiatan yang akan dilaksanakan. tugas ini cukup berat karena ia harus memperkirakan segala sesuatu yang akan terjadi, dan dia juga harus tepat dalam pembagian waktu setiap kegiatan-kegiatan acara yang akan dilaksanakan karena jika ada satu saja kegiatan acara yang tidak sesuia dengan waktu yang ditentukan, maka kegiatan lain akan terkena imbasnya dan itu bisa berbahaya pada acara yang sedang berlangsung. ini adalah jabatan tertinggi yang pernah saya pegang dan menurut saya jabatan ini harus memerlukan orang yang siap menerima sesuatu yang terjadi dan siap membuat antisipasinya.

Lalu ada seksi publikasi, tugas seorang seksi publikasi cukup banyak walapun tidak terlalu berat. Biasanya beberapa minggu sebelum acara dimulai ia bertugas menyebarkan surat dan proposal permohonan dana yang dibuat oleh sekretaris acara kepada para calon sponsor dan para donatur, lalu ia akan menyerahkan uang yang berhasil ia dapatkan kepada bendahara acara untuk diproses. la juga bertugas menyebarkan atau memberikan undangan dan pengumuman kepada siswa lain, guru, bahkan waga sekitar. setelah kedau tugas itu berhasil ia selesaikan, maka pada saat hari-H acara ia bertugas merekam atau memfoto kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada acara tersebut. saya juga pernah memegang jabatan ini, menurut saya orang yang pantas memegang jawabatan ini adalah orang yang pandai melobi dan bersosialisasi.

Kemudian ada seksi konsumsi sesuai namanya ia bertugas mengatur urusan makanan dan minuman para undangan dan para panitia acara tersebut.

Selanjutnya ada seksi keamanan, ia bertugas menjaga kegiatan-kegiatan acara tetap aman dari gangguan yang tdak diinginkan. biasanya ia bekerja sama dengan satpam sekolah.

Dan sebenarnya masih banyak lagi seksi-seksi yang lainnya, pada intinya seiap badan tidak bisa bekerja sendiri ia akan membutuhkan badan-badan lain. sebagai contoh, seksi acara tidak bisa menjalankan acara dengan tenang tanpa adaseksi keamanan, bendahara tidak bisa mendapatkan uang kalu tidak ada seksi publikasi, seksi publikasi tidak bisa mendapatkan uang kalu tidak ada surat atau proposal yang dibuat oleh sekretaris, sekretaris tidak bisa membuat surat dan proposal tanpa ada izin dari ketua, dan semua badan tidak bisa bekerja tanpa ada seksi konsumsi.

Jika acara tersebut selesai dilaksanakan walapun itu gagal atau sukses, bisanya akan diadakan sebuat rapat. Rapat itu akan dihadiri oleh para badan umum, badan acara, pembina ROHIS dan pembimbing ROHIS. Mereka akan mendengarkan laporan dari masing-masing ketua badan acara. Setelah itu menyerahkan laporan kepada sekretaris umum untuk dibukakan.

0 komentar:

Poskan Komentar

universitas gunadarma